facebook

facebook

Mari beri sokongan

5.10.13

Fakta tentang Minyak Zaitun



Firman Allah SWT:
“Allah yang menerangi langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang yang bercahaya seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkah, yakni pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur dan tidak pula di sebelah baratnya, yang minyaknya hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya berlapis-lapis, Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.”
(QS An-Nur: 35)

Daripada Abu Hurairah bahawa Rasulullah s.a.w bersabda:

 “Makanlah minyak zaitun dan lumurlah minyaknya,
kerana ia berasal daripada pohon yang penuh berkat"

                      (Riwayat At-Tirmizi dan Ibnu Majah)


Minyak zaitun dikenal berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia, terutama untuk menurunkan resiko sakit jantung. Karena itu banyak ahli kesehatan yang menganjurkan memasak menggunakan minyak zaitun, ketimbang menggunakan minyak goreng dari kelapa sawit.
Berikut adalah fakta mengenai minyak zaitun yang harus Anda ketahui:
  • Dapat digunakan untuk menggoreng
Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa minyak zaitun tak dapat digunakan untuk menggoreng. Padahal dilansir oleh Foxnews, minyak zaitun dapat tetap digunakan menggoreng bahkan bila dimasak hingga suhu 260 derajat Celsius.
  • Terdapat beberapa jenis minyak zaitun
Minyak zaitun didapatkan dari proses pemerasan atau press. Minyak zaitun pada proses pemerasan yang pertama disebut extra virgin, yang dapat langsung diminum. Sedangkan minyak dari proses selanjutnya, disebut minyak zaitun murni atau sisa.
  • Hilang khasiat bila dipanaskan berlebih
Alasan orang untuk tak memakai minyak zaitun saat menggoreng, selain mahal, adalah karena memasak minyak zaitun pada suhu tinggi bisa menghilangkan sebagian manfaatnya. Karena itu cara masak ala Mediterania hanya membubuhkan minyak zaitun sebagai drizzle (taburan) untuk menjaga khasiatnya.
  • Botol warna gelap
Minyak zaitun yang bagus biasanya dikemas dalam botol berwarna gelap. Warnanya sendiri yang terbaik adalah hijau gelap, namun bersih dan tidak butek.
  • Light dan extra light
Label ‘light’ pada kemasan menandakan bahwa minyak zaitun memiliki rasa yang ringan. Sedangkan ‘extra light’ lebih ringan dari light. Ini sebenarnya menunjukkan berapa kali proses pemerasan yang dilakukan untuk mendapatkan minyak zaitun tersebut.

3 comments:

adrianna syaz said...

Sya suka mkn salad dgn minyak zaitun..mmg sgt sedap..slmt berhujung minggu cik zaiman :)

Zai Zaiman said...

terima kaseh Adriana...

PeRdU cINta said...

nice sharinglah..saya selalu gunakan produk yang mengandungi campuran minyak zaitun..syampu..lotion..hehe..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...