facebook

facebook

Mari beri sokongan

15.5.13

Jangan Bersedih

“ Maka apakah orang yang dijadikan (syaitan) menganggap baik pekerjaannya yang buruk lalu dia meyakini pekerjaan itu baik, (sama dengan orang yang tidak ditipu oleh syaitan)? maka sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya; maka janganlah dirimu binasa karena kesedihan terhadap mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”

( Qs Fathir : 8 )



    Pada ayat di atas Allah subhanahu wa ta’ala melarang nabi-Nya untuk terlalu banyak memikirkan orang-orang kafir dan bersedih hati karena mereka tidak beriman. Karena sedih itu membahayakan kesehatan dan menyebabkan lemahnya badan, serta menghancurkan diri sendiri.  Pada saat yang sama, Allah juga menjelaskan kepada nabi-Nya bahwa kewajibannya hanyalah menyampaikan kebenaran, adapun taufiq dan hidayah itu hanya di tangan Allah swt. Allah-lah yang menyesatkan siapa saja yang dikehendaki-Nya dan memberikan hidayah kepada yang dikehendaki-Nya. Kalau begitu, kenapa harus bersedih hati dengan sikap mereka ?

Kesedihan Menurut Pakar Perubatan Barat

   Dalam sebuah penelitian sebagaimana dinukil dalam  myhealthnewsdaily.com, bahwa seseorang yang sedih karena kematian orang yang dicintai, pada 24 jam pertama dia akan mengalami peningkatan risiko serangan jantung sampai 21 kali. Dan selama minggu pertama resiko ini masih dalam level 8 kali di atas normal.  Dan meskipun resiko serangan jantung secara perlahan-lahan menurun dari waktu ke waktu, tetapi tetap tinggi paling tidak pun dalam satu bulan.

   Hal ini dikuatkan oleh Elizabeth Mostofsky, seorang ahli epidemiologi yang menyatakan  bahwa dukacita, kesedihan, kecemasan dan kemarahan terbukti dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan perubahan dalam darah yang membuatnya mungkin membeku, yang semuanya dapat menyebabkan serangan jantung.

   Di sisi lain kesedihan yang diiringi tangisan dapat menciptakan kelemahan fungsi di paru-paru dan dapat menghindarkan tenaga di seluruh tubuh, oleh karena itu kesedihan dapat mengganggu paru-paru dan menyebabkan gangguan pernafasan.

   Stres jangka panjang dan boleh membawa paparan kortisol (hormon stres) yang dapat menyebabkan jantungan, gugup, masalah metabolisme, masalah kekebalan tubuh dan lain-lainnya.

   Oleh itu, agar badan dan kesehatan kita tetap terjaga, hendaknya melakukan hal-hal di bawah ini :

    Jika tertimpa musibah, janganlah terlalu sedih yang berlebihan. Tetaplah sabar dan yakinlah bahwa dibalik musibah tersebut pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa diambil.

    Kalau ada masalah dalam diri kita, hendaknya jangan dipendam dalam hati, sebaiknya dibicarakan dengan orang-orang yang dekat dan boleh dipercayai membantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    Carilah kegiatan yang bermanfaat bersama teman-teman atau orang lain, mudah-mudahan dapat melupakan hal-hal yang membuat anda sedih.

 Jadi, marilah kita semaikan budaya senyum, sepertimana Baginda Rasulullah saw pernah bersabda yg bermaksud,

Senyum kamu kepada saudara kamu adalah sedekah…
(Hadith Riwayat Tirmizi dan Abu Dzar)
































Hehehehe.... senyuman anda memang menawan tetapi jangan perasan la pulak yer.....

sumber: EraMuslim

4 comments:

GA GreenArtwork said...

kadang2... kite tak tau ape yg terbaek utk kite...

Sedih satu ujian... bnykan muhasabah diri kembali....

My recent post : Pepohon Setia - Photography

Zai Zaiman said...

Syukran... yer lah GA, Atas Nama Allah AL-Alim yakni Yang Maha Mengetahui, Dia lebih berHak ke atas kita Insan yg bernama manusia.

Adakalanya sesuatu yg menimpa ke atas kita ada kebaikan yg tidak kita ketahui. Yang baik pada pandangan mata kita belum tentu baik apa yg ditentukan oleh Allah ke atas kita.

Terima Kaseh sudi meluangkan masa di sini.

azihajieha said...

Salam perkenalan....

Terima kasih sudi singgah ke blog saya yang tak seberapa... :) saya cube untuk tak bersedih lagi, namun hanya Allah yang mengetahui perasaan saya.. :)

fadh leyanie said...

senang hati bila tgk org lain senyum. :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...